Cara Memasak Pempek Ikan Tenggiri Yang Nikmat


Hidangan asal Palembang ini telah tersebar kelezatannya hingga ke seluruh negeri. Siapa yang tak tahu nikmatnya sepiring pempek kapal selam bermandikan kuah cuko yang pedas segar?
Bahan utama pempek yaitu ikan tenggiri dan tepung kanji, sangat mudah ditemukan di pasar. Begitupun dengan bahan pelengkap lainnya. Anda tak perlu khawatir kesulitan mendapatkan bahan-bahan tersebut. Selain pempek kapal selam, adonan dalam resep pempek ini dapat juga dipakai untuk membuat pempek lenjer. Lenjer adalah pempek tanpa isian berbentuk silinder panjang.
Goreng pempek sesaat sebelum disajikan agar tetap hangat saat disantap dan tidak alot. Ada dua cara menyajikan pempek, masyarakat di Palembang menyajikan pempek dengan disiram kuah cuko, sedangkan di Lampung cuko disajikan dalam cangkir kecil terpisah dan disantap dengan cara diteguk seperti minum teh. Unik bukan? Silakan anda mengikuti cara yang pas menurut anda.

Bahan-bahan:

    500 g daging ikan tenggiri, giling halus
    100 g tepung kanji
    2 butir telur ayam
    6 butir telur bebek untuk isian
    50 ml air
    Minyak untuk menggoreng

Saus Cuko:

    Haluskan,
    6 siung bawang putih
    6 buah cabai merah
    8 buah cabai rawit
    100 g gula merah
    2 sdm ebi
    600 ml air
    5 sdm air asam jawa

Pelengkap:

    1 buah mentimun, potong dadu ½cm
    Mie basah kuning

Cara membuat:

    Campur daging tengiri dengan tepung kanji, telur dan air. Aduk rata. Bentuk bulatan, lalu pipihkan.
    Pertemukan kedua sisi lingkaran, rekatkan sebagian ujungnya hingga membentuk kantong. Pecahkan telur bebek pada mangkok kecil, lalu tuang ke dalam kantong adonan. Tutup rapat ujung kantong dengan merekatkan adonan hingga ⅓ bagian. Lakukan hingga berbentuk 'kapal selam'.
    Rebus sampai matang. Angkat. Tiriskan. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkatm
    Saus cuko: campur semua bahan saus. Masak hingga mendidih. Angkat. Atur pempek, irisan mentimun dan mie kuning basah di atas piring saji. Siram dengan saus cuko dan sajikan segera.

Agar pempek yang anda buat tidak alot, saat menguleni adonan jangan terlalu kuat dan jangan pula terlalu lama. Selamat mencoba resep pempek dan kami tunggu komentar anda di sini.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Membuat Ceker Setan Pedas lezat Dan Nikmat

Cara Memasak Sup Mangut Ikan Pari Khas Semarang